Selasa, 04 Maret 2014

Pak Artidjo dan Harapan Penegakan Hukum di Indonesia

Hari Selasa pagi, saya bersiap pergi ke Kompleks Bidakara untuk menghadiri seminar tentang hukum yang diselenggarakan, oleh IKA UII. Temanya : Artidjo AlKostar, Harapan Penegakan Hukum di Indonesia. Sebuah tema yang menarik, sebab membahas tentang salah satu sosok hakim yang sedang ramai dibicarakan orang. Maka, setelah mandi, langsung sarapan di warteg, dengan ditemani segelas susu. Mantap,,,

Macet yang luar biasa membuat saya punya kesempatan membaca koran Superball. Lumayan buat update berita seputar sepakbola. Jarak waktu yang harus ditempuh menjadi lebih dari dua kali lipat. Tapi, bersyukur bisa sampai di tujuan. Turun dari halte Pancoran Barat, saya menuju ke kompleks Bidakara, memasuki hotel Bidakara, dan menuju Gedung Bidakarna yang terletak persis di belakangnya.






Sesampainya di ruang seminar, peserta sudah memadati ruangan, baik yang kelas VIP, umum, maupun dari pers. Beruntung, bagian belakang masih ada beberapa yang kosong, dan saya mengambil salah satu tempat di situ. Menaruh makalah dan bingkisan majalah dari panitia seminar, dan mulai mendengarkan. Ternyata baru penjelasan isi seminar dari ibu moderator. Berarti para narasumber belum satupun menyampaikan makalahnya, lagi-lagi saya merasa beruntung. Tampak di deretan sofa di atas panggung : Bapak Habib Rizieq Syihab, MA., Bapak Budi Hardiman, Bapak Suparman Marzuki, Bapak Shidarta, dan Bapak Busyro Muqoddas.

Seminar berjalan menarik, memunculkan ide ide dan gagasan baru untuk perjuangan bagi upaya penegakan hukum di Indonesia. Terlihat dari banyaknya peserta yang hendak mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Dan Pak Artidjo pun menyampaikan pidato hukumnya dengan jelas. Dari situ dapat dilihat kegigihan beliau dalam membela keadilan sesuai bidang yang digelutinya.

Selepas acara, saya juga berkesempatan mengikuti sesi jumpa pers yang digelar di sebelah ruang seminar. Bersama teman-teman dari pers, Pak Mahfudz MD dan Pak Artidjo menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan. Seperti pertanyaan mengenai isu pencalonan Pak Mahfudz sebagai Presiden RI dan tanggapan Pak Artidjo mengenai beberapa putusannya sebagai hakim yang ramai diberitakan di media belakangan ini.




Panitia mempersilahkan peserta seminar baik dari umum maupun pers untuk santap siang yang telah disediakan. Sungguh sebuah suguhan yang baik dari IKA UII selaku panitia seminar. Terima kasih !!

Tidak ada komentar: