Selasa, 23 Juli 2013

Baca Buku Serdadu Pena Bercerita


Malam ini saya baru saja menyelesaikan membaca buku “Serdadu Pena Bercerita” karya anak-anak ITQAN. Rasanya luar biasa bahagia. Tidak dapat mengira. Setelah sekian tahun tidak menerbitkan buku, akhirnya tahun ini menerbitkan juga. Salut saya buat para pengurusnya, para musyrifnya, dan juga para anggotanya.
Kalau mau dikomentari dari segi isi, tentu saja masih banyak kekurangan yang akan ditemukan pembaca dalam buku ini. Apalagi bila dibandingkan dengan buku-buku karya penulis ternama. Kesalahan kata, kalimat, ejaan, tanda baca, dan masih banyak lagi. Tapi itu semua tertutupi  dengan semangat kebersamaan yang ditunjukkan keluarga besar ITQAN 2013. Ya, kebersamaan yang indah selalu saja mampu membuat segala yang susah jadi mudah. Merubah yang tidak mungkin menjadi mungkin. Itulah nilai yang bisa dipetik dari buku ini.
Kompilasi yang bagus dengan variasi tulisan yang menarik. Cocok untuk menjadi bacaan anak muda. Tidak terkesan menggurui karena banyak bertutur lewat cerita dan beragam pengalaman hidup. Klasifikasi artikel untuk tiap babnya juga sesuai serta serasi.
Dengan terbitnya buku “Serdadu Pena Bercerita”tahun ini, banyak pihak berharap ITQAN akan terus menelurkan karya-karya berupa buku-buku bermutu untuk masa mendatang. Tentunya, tanpa melupakan kegiatan awalnya seperti diskusi mingguan, mading mingguan, penerbitan majalah ITQAN, agensi majalah, dan sebagainya.
Tentunya berkelanjutannya penerbitan buku itu harus dimulai dari hal yang sederhana dulu. Semisal ditarget, tiap tahun minimal terbit satu buah buku. Kalau sudah berjalan rutin dan menjadi kebiasaan, Insya Allah bukan hanya 1 buku saja yang terbit tiap tahunnya, bisa jadi 3, 5, atau bahkan 10. Subhanallah.
Ada yang unik ketika saya membaca bagian terakhir buku ini. Sembari mendengarkan lagu-lagu dari hp, saya mulai membuka bagian terakhir buku ini, membaca sejenak judulnya “Semua Tentang Kita” yang berisikan pengalaman hidup Itqaners. Entah kebetulan atau bukan, musik berganti memutar lagu baru dengan judul yang sama, “Semua Tentang Kita”nya Peter Pan. Aneh!. Tapi sesuai dengan yang dibaca.

Maju terus ITQAN !

Tidak ada komentar: