Rabu, 11 September 2013

Pendapatan Hari Ini



Assalam masbro, apa kabar semuanya ?. Kepengen nulis lagi nih, tapi apaan ya ?. Ya udah deh, ane tulis apa yang ane dapetin hari ini.
1.       Kontroversi hati, konspirasi kemakmuran
Kurang dari sejam yang lalu ane lewat di depan televisi. Saat itu sedang ada tayangan infotainment. Tiba-tiba sang host mengeluarkan sederet kalimat “kontroversi hati, konspirasi kemakmuran”. Kalimat itu menggelitik telinga ane. Dan ane jadi bertanya-tanya, “ini acara umbar aib artis kok, ada kalimat ilmiah kayak gitu ya ? “. Buat penasaran aja. Langsung dech, googling.
Ternyata di dunia maya lagi ngetren nih kosakata. Jelas para alayers langsung mengikutinya. Langsung memakainya. Ada-ada aja nih Vicky.
Pelajaran yang ane ambil, dalam berkata-kata, kita harus meletakkan tiap bagiannya dengan pas. Kalau tidak pas, tentu menimbulkan banyak kesalahpahaman, mengaburkan maksud yang disampaikan.
2.       Dugaan kartel di balik naiknya harga kedelai
Banyak hal yang dituding menjadi biang keladi kenaikan harga kedelai. Harga BBM naik lah, petani beralih ke jagung lah, pasokan langka lah. Muncul lagi satu dugaan baru, yang nilai kemungkinannya juga besar. Kartel. Apa ?. Iya, kartel. Biasa lah, tender-tender yang dimenangin gitu. Makanya ga’ heran impornya kenceng banget. Alasan sih bisa aja dibuat-buat. Rakyat dipikirnya gampang dibodohin. Yang penting dapet dah keuntungan. Kalau memang karena kartel, berarti kurang ajar banget tuh. Ngorbanin orang banyak untuk kepentingan sekelompok kecil golongan.
Ga’ tau apa para penggemar tempe panas dingin waktu tahu produsen mogok produksi selama 3 hari. Ga bisa lagi makan tempe ? Lidah merana.
3.       Transportasi Massal vs Mobil Murah
Izin pengadaan mobil murah, di bawah 100 juta. (emang murah ? kata siapa ? kalo standar orang yang bisa beli mobil sih iya, tapi klo orang miskin ? . buku pelajaran sekolah aja mahal, klo mobil bukan mahal lagi, tapi mustahil). Bertentangan dengan penggalakan transportasi massal  di Jakarta. Dengan pengadaan mobil murah, jumlah kendaraan mobil pribadi bertambah, naek kendaraan missal jadi ogah. Waduh, gimana dong ?. Semuanya sama-sama punya kepentingan.
Pemerintah bilang izin mobil murah ini untuk pengurangan konsumsi BBM, karena mobil ramah lingkungan, lebih irit. Kalo yang punya mobil sedikit sih  ya Cuma sedikit konsumsinya. Tapi, kalo membludak ?. Pusing ya ? Hebat, masbro, berarti masih punya kepala.

Tidak ada komentar: