Rabu, 26 Februari 2014

Bintaro ? Lupa-Lupa Inget. Kalimalang ? itu Bukan Ending yg Tragis

Hari ini ga da kerjaan. Ane manfaatin aja waktu wat silaturahim ke sobat2 yg ada di Jakarta. Hari ini ane niatin pergi ke Bintaro. Silaturrahim ke rumah Mba' Sayyidatus Samiyah. Lima tahun yg lalu, ane juga pernah ke sana. Jadi bukan kali pertama ke sana. Cuman, masalahnya, masih bingung transport ke sana naek apa aja. Ane tanya Mba' Ida. Katanya naek busway aja turun di Lebak Bulus. Dari Lebak Bulus naek angkot merah nomer 08 jurusan Bintaro, katanya bilang aja "turun di BePe ( Bintaro Plaza)".

So, ane langsung ke halte Jelambar. Beli tiket busway, truz nunggu datengnya. Ternyata lumayan lama, yg ke arah Lebak Bulus. Tapi pas nyampe lega juga, bisa naek n dapet tempat duduk, jadi ga capek berdiri.

Sampe di Lebak Bulus, nyari angkot merah no 08 jurusan Bintaro, ketemu !. Langsung naek, n jalan, meskipun lumayan lama, coz kebanyakan ngetem. Di tengah jalan sempat ragu n bingung pas nemu tempat perbelanjaan dg tulisan "Plaza Bintaro Satoe". Ane kirain dah lewat, tapi lom ane tanya.

Pas, lewat Stasiun Pondok Ranji, ane baru inget, memori ane dulu lewat situ, seolah balik lagi. Lumayan seru pas ribut papasan banyak motor n mobil di lintasan kereta deket Stasiun Pondok Ranji. Ga kebayang klo tiba2 mogok, n kereta lewat, hahaha.

Truz angkot belok kiri setelah lampu merah, n ane turun di depan Bintaro Plaza. Truz jalan kaki ke arah rumah Mba' Ida, (ngandalin feeling, coz lupa-lupa inget). Nah, setelah masuk ke jalan kecil, ane bingung mau k arah gang yg mana. So, ane ke masjid dulu wat jama'ah duhur.

Jamaah di Masjid Al-Hidayah siang itu berkesann banget, coz dipadati dg jama'ah yg kebanyakan anak SD,cowok maupun cewek. Haha, jadi inget pas di ma'had dulu. Truz suasananya juga bikin adem hati. Salut deh wat lingkungan di masjid itu.

Ternyata ane dijemput Ariful, adeknya mba' Ida, yang langsung dateng nyamperin ane ke masjid itu. Kaya' tamu kehormatan aja pake dijemput segala, hehehe. Langsung menuju ke kediamannya, yg ternyata patokannya gang belakang apotik (tadi ane ragu mo masuk ke sana). Disambut ramah oleh keluarganya. Truz dijamu makan siang lagi, Thanks bgt.

Abis itu ngobrol panjang dg Ariful n mba' Ida. Tanya2 tentang temen2 yg tinggal deket d daerah situ. Ternyata banyak, wah, boleh ntar kapan2 silaturrahim ke sana. Mumpung pemilu masih 2 bulan lagi (lho, apa hubungannya ? ). Trus saling tukar kabar tentang perkembangan AKBAM di Jabodetabek n kabar tentang Ma'had Al-Muqoddasah.

Menjelang jam 3, ane pamit. Mau nglanjutin perjalanan ke Cawang, bilangnya. Dianter lagi ama Ariful ke Stasiun Pondok Ranji. Beli tiket commuter line n nunggu kereta yg ke arah Tanah Abang, ternyata datengnya, jam stengah empat. Ya udah, nunggu sambil baca buku. Begitu dateng, langsung naek. Karena agak sepi, jadi bisa dapet tempat duduk.

Sampe di Tanah Abang, turun, naek yg ke Manggarai, tapi ga turun di sana, coz kereta masih terus melaju ke tempat tujuan. Sampe di Stasiun Cikoko, Cawang, turun n keluar ke arah halte. Lucunya, pas mau keluar, lupa pake kartu Commuter Line, untung aja ga ilang, cuma sedikit malu aja, kaya orang kampungan, coz ga biasa naek commuter.

Dari halte Cikoko, naek busway ke halte Cawang UKI wat transit. Truz naek lagi ke halte Penas-Kalimalang. Turun di halte itu, keluar, cari masjid wat Sholat Ashar, takut keburu maghrib, n udah mulai gelap soalnya. Nanya ke pedagang kaki lima, diarahin ke musholla punya perusahaan air minum, langsung ke sana, pamit ke satpamnya, n dipersilakan masuk area, ditunjukin mushollanya di bagian belakang.

Adem sekali rasanya sholat di musholla itu, sekalian charging hape. Abis sholat santai sejenak, mau lanjut lagi tanggung, bentar lagi maghrib soalnya. Ya udah, ngaji aja, coz dah lama ga ngaji. Sampe maghrib dateng, ikut jama'ah maghrib yg cuma terdiri dari empat orang, 1 imam, sisanya termasuk ane, jadi ma'mum. Hahaha beda jauh banget ama jama'ah tadi siang di Bintaro. Tapi suasananya tetep syahdu, coz posisi musholla yg nyempil, di sudut belakang, bebas dari polusi miliu ibadah ( hehehe, sok ilmiah, maksudnya ,,,,keramaian jalanan).

Baru ngelanjutin jalan abis sholat maghrib, kontak2an dengan temen yg mau ane kunjungi kosannya. Trus ane susuri tempat yg dimaksud. Sobat ane, Aad namanya, baru mau pulang kerja, jadi lom ada d kosan. Nah, akhirnya kejadian unik dateng juga. Tepat berdiri di depan kosan, yg jalannya sepi banget, mungkin cuma satu dua kendaraan yang lewat, sambil smsan dg temen, menghadap ke arah jalan besar, sesekali ngeliat halte Penas-Kalimalang. Ga disangka, dari arah dalam gang, lewat motor ngedeketin ane, sedetik lengah, hape dg sms yg blom terkirim disamber orang yg dibonceng motor. Kaget, langsung teriak, dan ngejar, tapi tuh orang dah kabur, ngebut ke jalan besar, n hilang ditelan tikungan. Astaghfirullah, ane dijambret, perasaan kaget, coz ga nyangka bakal kejadian, perasaan nyesel, coz lengah n kurang waspada, ditambah marah n kesel, coz bakal kehilangan kontak ke keluarga n tmen2, bercampur jadi satu.

Tepat, stelah gagal ngejar duo jambret, yg moga2 dirahmati Allah itu, ane balik k gang, n langsung ketemu Aad yg baru pulang kerja, n mw masuk kosan. Alhamdulillah, rasa2 negatif, tadi hilang jadi rasa syukur. Ga papa hape ilang (kartunya otomatis juga, alamat bakal ngurus ke galeri operator bersngkutan neh, hehehe), yg penting misi ketmu temen hari itu sukses. Pas ane sharing kabar buruk itu, sobat Aad lngsung nympein prihatin, n ngingetin wat sabar plus hati2 n waspada.

Di kosannya, ngobrol panjang, ternyata dia sekrang kerja di salah satu perusahaan BUMN, Yodya Karya, sbg staff kuasa hukum. Wah, mantep sobat. Anehnya, setelah sekian lama ga ketemu, pas dia kul di Jogja kmren, lom bisa ketemu, malahan di Jakarta ketemunya, hahaha, sykurlah....

Dateng juga sobat yg laen, Andika, yg tinggal deket dr situ, Kalimalang. Wah, jadi tambah rame aja. Alamat bakal tmbah panjang ngobrolnya. Lewat jam 9, ane pamit. Sama seperti di Bintaro tadi, lagi2 d tawarin nginep, tapi ane jawab laen kali aja, khan masih bnyak kesempatan wat kunjung k sana lagi. Dianter k depan kosan, dia pesen n ngingetin, "Jangan percaya 100 persen dg org sini, ya, hati2". Ngucapin terima kasih, ane langsung ke halte Penas-Kalimalang, balik lagi k Grogol. Ambil yg k arah Kalideres. Wah, nyampe kosan udah larut, sepi, mana laper lagi . Untung aja masih ada warung nasi  d sekitar kosan, jadi lapernya lewaaat, alhamdulillah.

Kehilangan hari ini bukan akhir yg tragis, tapi awal usaha, yg Insya Allah hasilnya manis. (hahhaha sok pasrah menerima salam perkenalan dari Jakarta, seolah ia berkata : Hei Nitigama !, did you know about me ? I am JAKARTA !!!.


Tidak ada komentar: