Selasa, 18 Februari 2014

Calo Tanah

Kamis, 16 Januari 2014 ane dapet pengalaman berharga. Kenalan sedikit dengan dunia pertanahan, ga banyak sih, cuma secuil bagian aja dari dunia itu. Tapi lumayan menarik, coz ada beberapa fenomena yg mungkin selama ini ane ga tau, dan momen itu muncul.

Ceritanya hari itu ane ikut rombongan rekanan advokat bapak ane. Katanya sih ada janji ketemuan di Grand Indonesia. Setelah kumpul n briefing di markas (hehehe gayanya,,,,,) sekalian persiapan amunisi, rombongan berangkat ke TKP. Orang yg ngajakin ketemuan ternyata dah nunggu di lantai 3, di court Sate Jakarta. Kebetulan courtnya lagi sepi.

Sampai di Grand, kami bergegas ke court setelah parkir mobil. Memilih satu meja yg kosong, salaman, duduk, n mulai pembicaraan. Ane duduk paling pojok, diem aja kaya' obat nyamuk, hhehe. Jelas, karena ga punya kepentingan, tapi bukannya ga perhatian ke jalannya pembicaraan. Emang seru bgt ketemuan kali itu, adu argumentasi, adu bukti, tp tetep santun, ga pake ngotot2an. Nah, profesionalitas yg perlu ditiru.

Ane juga merhatiin dengan seksama org yg ngajakin ketemuan. Sedikit kaget liat kelengkapan data2 yg dibawa. Inget pas di ma'had dulu. Wali kelas pada sibuk bawa soal2 taon jebot wat nge-drill anggota kelasnya yg pas-pasan n di bawah standar klo deket2 hari ujian. Nah, org itu juga gitu, sama. Cuma yg dia bawa semua data tentang tanah. Termasuk tanah punya rekanan advokat rombongan kami yg dia gugat, rencananya sih mau diembat, dan yang punya haknya disuruh minggat. Wah, ane pikir ini penyerobotan yang penuh rencana dan sedikit rapi.

Orang itu, dalam pikiran ane adalah calo tanah. Tau banyak soal sengketa tanah, n update banget tentang tanah mana aja di Jakarta yg saat ini berperkara.

Dengan kelengkapan data dan jaringan serta "orang dalam" di badan pertanahan, ia bisa leluasa bergerak menerkam mangsanya. Bayangin aja, dia sampe punya foto deskripsi tanah incarannya via satelit, lengkap ama titik koordinatnya.

Tapi kali ini dia berhadapan dg lawan tangguh. Orang2 yg profesinya tiap hari adu argumen n punya taktik jitu wat menyerang, berkelit, menangkis serangan. Dan untungnya pula, orang itu cuma orang suruhan. Bosnya lah yang sebenernya ngebet banget ama tanah itu. Jadi, bisa dibilang org itu cuma calo tanah, sedikit profesional, tapi sedang kurang beruntung, karena lawannya tangguh.

Hasil pertemuan itu positif. Bola ada di tangan rombongan kami, n Mister Calo berbalik jadi dalam cengkeraman coz dah diiming-imingi persenan kalo soal tanah kelar. Kami meninggalkan Grand dengan senyum kemenangan, hehehe.......

Tidak ada komentar: