Kamis, 18 Juli 2013

Memaksa Diri Sendiri Untuk Tadarrus di Bulan Ini

Salah satu sunnah yang dianjurkan di Bulan Ramadhan adalah memperbanyak tadarrus Al-Qur'an. Membacanya, mentadabburi makna serta maksudnya. Dengan begitu, diharapkan kita dapat mengenal lebih dekat kitab suci kita.

Bulan ramadhan ini saya pun punya target sendiri terkatit tadarrus. Sampai sejauh ini saya telah mengkhatamkan 1 kali dan kurang 9 juz lagi akan khatam untuk kedua kalinya. Tidak terasa capaian yang telah saya buat. Meskipun harus dengan memaksa diri sendiri, selalu saja saya dapat mencapai tahap "menikmati" walaupun di awal merasa "keberatan". Biasanya ketika membuka mushaf, pikiran dan perasaan mengarah kepada hal-hal yang menggembirakan, cenderung mendorong untuk melaksanakan hal tersebut. Namun, akal sehat dan komitmen awal menahan diri untuk tidak beranjak dari tempat duduk lantaran ada 1 juz yang harus di baca saat itu juga. Jadilah saya memulai bacaan dengan "terpaksa". Lepas 1 menit, suasana semakin berkembang. Lantunan ayat suci dari lisan yang ditangkap telinga sendiri menunjukkan keterpaduan. Ditambah lagi dengan peran otak dalam men"terjemahkan" ayat sesuai pengetahuan dalam Bahasa Arab dan hati yang mengikuti alur penjelasan Al-Qur'an bagi siapa yang mentadabburinya.

Saya harap kebiasaan itu dapat berlanjut hingga akhir Ramadhan nanti dan dapat diaplikasikan di bulan yang lain. Memang untuk berbuat baik itu harus memaksa diri sendiri

Tidak ada komentar: