Sabtu, 01 Februari 2014

Renungan di Tepi Kolam

Sekilas teringat sebuah momen. Duduk di tepian kolan ikan di rumah Jlamprang. Menikmati sejuknya udara. Di bawah rimbun dedaunan yang menghalangi terik mentari. Mengingat kesusahan yang harus ditempuh dalam perjalanan dari Lampung ke Jogja.

Hari itu hari lebaran. Tapi di rumah Alak Nasir sepi aja. Siang itu juga, pamit ke keluarga Alak Nasir buat balik lagi ke Jogja. Diantar Pak Musa dengan motor maticnya ke Pelabuhan Bakauheni. Menyeberangi Selat sunda. Menjejakkan kaki lagi di tanah Jawa ba'da ashar. Nunggu bus ke Kalideres sekitar sejam lamanya. Baru nerusin jalan qobla maghrib. Sampe Senen, naik trans dari Kalideres, sekitar jam 10. Langsung ke stasiun. Tiket kosong. Harus nunggu besok pagi.

Akhirnya sholat dulu di musholla stasiun. Truz baru inget kalo perut lom diisi sejak siang. Cari makan dulu sekalian ke toilet.

Menjelang tengah malam, duduk di kursi tunggu. Mendekap erat tas ransel sekalian buat tumpuan kepala. Biar bisa cepat tidur. Tapi sejam lewat, tetap aja ga bisa tidur. Akhirnya nekat aja tidur di atas lantai. Untung tadi sempat beli koran. Cuma gelar tiga lembar, pas buat sebadan. Tas ransel jadi bantal. Sekalian dikaitin ke jaket (jaga2 kalo ilang). Dompet n kartu penting masukin ke kantong jaket AKBAM yang ada di dada (desain yang bagus, nguntungin banget,,). Bismillah, tidur, moga ga terjadi apa-apa.

Sampai subuh, bangung. Langsung ngucek2 mata, ngerapiin barang. Ngerapiin rambut juga. Lari ke loket (ga inget kalo lom sholat subuh). Ternyata antrian dah panjang (kirain dateng pertama,,).

Nanyain tiket ke Jogja. Ada ? Ludes !. Ke Solojebres ? Kosong !. Ke Kutoarjo ? Ga ada juga !. Coba nyari rute yang deket.Cirebon ? Kalo Cirebon ada !. Okelah, ambil yang itu aja. Keretanya Gajah Wong. Berangkat 15 menit lagi !. Tergesa, nyelesaiin pembayaran Langsung antri

Tidak ada komentar: